banner 728x250
Daerah  

Pemko Langsa Gelar Pelatihan dan Sosialisasi SIPPIKOLA

KOTA LANGSA – Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menggelar kegiatan pelatihan dan sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa (SIPPIKOLA).

Koordinator kegiatan yaitu Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Langsa T. Syah Putra, selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 di Puslatbang KHAN LAN RI dengan judul aksi perubahan “(SIPPIKOLA)”, dilaksanakan di Aula Setda, Jum’at (20/09/2024).

Hadir Kapala Perum Bulog Cabang Langsa, Direktur PT. Pekola dan Peserta kegiatan ini adalah Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi terkait dalam Wilayah Pemerintah Kota Langsa, serta Narasumber :
1. Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Langsa
2. Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Langsa.

Pj Sekda Kota Langsa melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ali Musafah, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi SIPPKOLA mengatakan, Inflasi menjadi isu ekonomi yang krusial.

“Oleh karena itu, pengendalian inflasi menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah, khususnya dalam menjaga stabilitas ekonomi di Kota Langsa,” ucap Ali.

Peluncuran dan penerapan SIPPIKOLA merupakan langkah nyata kita dalam menghadapi tantangan ini. Melalui sistem ini, Kita akan dapat mengidentifikasi dan mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi secara lebih efektif dan transparan.

“Menjadi alat bantu yang penting bagi Pemerintah, Pelaku Usaha serta masyarakat dalam memantau pergerakan harga, stok barang dan kebutuhan pokok di pasar. Keberhasilan dari sistem ini sangat bergantung pada pemahaman dan partisipasi semua pihak, baik dari pemerintah, sektor swasta, maupun masyarakat,” ujar Ali.

Pelatihan dan sosialisasi yang kita laksanakan hari ini memiliki arti yang sangat penting dalam rangka memperkuat sinergi dan pemahaman bersama tentang pentingnya pengendalian inflasi. Melalui Sippikola, kita juga dapat meminimalisir potensi gejolak harga yang bisa berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya laporan yang akurat dan real-time, intervensi yang dilakukan oleh pemerintah dapat lebih tepat waktu dan sesuai kebutuhan.

“Kita semua tentu berharap agar sistem ini
bisa menjadi salah satu solusi utama dalam menjaga stabilitas harga di Kota Langsa, sehingga masyarakat kita dapat hidup dengan lebih tenang dan sejahtera,” harap Ali Mustafah.

Saya berharap para peserta pelatihan dapat
mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga nantinya bisa berkontribusi secara
maksimal dalam penerapan Sippikola di tempat kerja masing-masing. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja kita dalam menjaga perekonomian Kota Langsa tetap stabil dan kondusif.

Ali Musafah juga ucapkan apresiasi kepada Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Langsa yang sedang mengikuti diklat PKA Angkatan ll Tahun 2024 yang sudah membuat aksi perubahan Sistem
Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa (SIPPIKOLA) semoga bermanfaat untuk Pengendalian inflasi di Kota Langsa.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah
berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim “pelatihan dan sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa (SIPPIKOLA),” saya nyatakan resmi dibuka,” tutup Ali Mustafah.

Sebelumnya Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Langsa T. Syah Putra, menyampaikan, pelatihan dan sosialisasi SIPPIKOLA untuk memberikan pemahaman kepada Organisasi Perangkat Daerah/Instansi terkait tentang penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi, khususnya dalam pelaporan pengendalian inflasi di Kota Langsa.

Hal ini penting untuk terciptanya laporan upaya pengendalian inflasi yang tepat waktu dan akuntabel, kegiatan ini merupakan komitmen saya selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 di Puslatbang KHAN LAN RI dengan judul aksi perubahan “(SIPPIKOLA)” yaitu Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa, tegas Kabag Perekonomian dan SDA.

Kegiatan ini merujuk pada regulasi antara lain;
1. Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional;
2. keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 500.05-8135 Tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah;
3. Arahan Presiden yang disampaikan pada Rakornas pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Istana Negara Jakarta (tanggal 14 Juni 2024);
4. Keputusan Walikota Langsa Nomor 66/500/2024 tentang Pembentukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah
Kota Langsa Tahun 2024.

Tujuan mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota
Langsa (SIPPIKOLA) yaitu :
1. Tujuan Jangka Pendek Pengembangan Sistem, Pelatihan dan Sosialisasi Pengguna, Pengumpulan Data Awal, Lauching Aplikasi
dan Pemanfaatan Aplikasi.
2. Tujuan Jangka Menengah
Pengembangan Aplikasi dengan versi dan fitur terbaru dan Pengembangan laporan periodik.
3. Tujuan Jangka Panjang
Sistem informasi yang berkelanjutan, terintegrasi dan Keterlibatan masyarakat
Peserta Kegiatan.

Semoga pelatihan dan sosialisasi SIPPIKOLA ini dapat kita implementasikan bersama, sehingga terciptanya laporan upaya pengendalian inflasi yang tepat waktu dan akuntabel untuk Pemerintah Kota Langsa, ungkap T. Syah Putra.(fr)

error: Content is protected !!
banner 728x250