banner 728x250

Rektor IAIN Langsa Gelar Wisuda 567 Lulusan Sarjana dan Magister Tahap I

KOTA LANGSA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Wisuda Tahap I sebanyak 489 Sarjana dan 78 Magister Angkatan Tahap I Tahun 2024 oleh Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA di Aula Terpadu Kampus IAIN Langsa, Selasa (28/5/2024).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. Yusaini, MA dalam laporannya menyebutkan pada wisuda kali ini terdapat 27 Sarjana yang menyelesaikan studinya selama 7 semester atau 3.5 tahun dan 61 Magister yang menyelesaikan studinya 3 semester atau 1.5 tahun.

Hadir sebagai Penyampai Orasi Ilmiah Komandan Resor Militer (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Ali Imran. Dengan tema kegiatan “Pembentukan Karakter Unggul dan Berakhlaqul Karimah Dalam Bingkai NKRI”, Kolonel Inf Ali Imran menyampaikan materi tentang “Nasionalisme di Era Revolusi Industri 4.0”.

Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA dalam sambutannya menyampaikan terimakasihnya kepada Panglima Kodam (Pangdam) yang diwakili oleh Komandan Resor Militer (Danrem) yang telah memberikan energi kepada alumni melalui penyampaian orasi ilmiahnya.

Kepada para wisudawan, Rektor menyampaikan urgensi dari menuntut ilmu, karena orang yang diangkat derajatnya adalah orang yang berilmu.

“Kata Ilmu itu berasal dari tiga huruf yaitu ‘Ain, Lam dan Mim. ‘Ain berarti ‘Illiyyun yang bermakna tinggi. Lam yaitu Latif yang berarti lembut, dan Mim yaitu Mulk yang berarti kekuasaan,” sebut Rektor.

Lanjut Rekktor, Orang yang memiliki tiga variabel ini akan diangkat derajatnya oleh Allah, orang semakin tinggi ilmu maka akan semakin lembut perilakunya, semakin mulia akhlaknya, banyak orang berilmu tapi tidak tinggi moralnya, orang yang berilmu dan baik akhlaknya maka dia akan mendapatkan kekuasaan dan kepercayaan orang lain.

Karena alasan tersebutlah Rektor mengharapkan para wisudawan tidak berhenti dan harus terus melanjutkan perjalanan dalam menimba ilmunya.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Walikota Langsa Syaridin, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan setelah perjalanan panjang yang penuh dengan tantangan dan kerja keras telah berhasil dilalui, hari ini adalah momen yang sangat spesial, tidak hanya bagi para wisudawan dan wisudawati, tetapi juga bagi para orang tua dan seluruh keluarga.

Sesuai dengan temanya “Pembentukan Karakter Unggul, Berakhlaqul Karimah Dalam Bingkai NKRI” adalah tema yang sangat relevan. Era globalisasi dan digitalisasi yang semakin pesat, memerlukan generasi yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat dan unggul serta akhlak.

“Karakter unggul mencakup integritas, kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, kepedulian terhadap sesama, dan semangat untuk terus belajar dan berkembang,” papar Syaridin.

Sebagai generasi penerus jadilah individu yang tidak hanya sukses dalam karier namun juga bijak menanggapi berbagai tantangan dan peluang di masa depan, saudara memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa ini.

“Di era digital ini, perkembangan teknologi semakin cepat dan tidak terbendung, oleh karena itu, saudara didorong untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya secara bijaksana,” ujar Pj. Walikota Langsa.

Syaridin juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama, dimana dunia kerja saat ini menuntut kemampuan bekerja dalam tim, berkomunikasi dengan baik, dan menghargai perbedaan.

“Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati, terus maju dan ikuti perkembangan zaman, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang menjadi identitas kita sebagai bangsa Indonesia,” pesan Syaridin.

Hadir pada acara tersebut Forkopimda Kota Langsa, Rektor, Dekan, Akademisi, Wisudawan/i dan tamu undangan lainnya. (fr)

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250