banner 728x250
News  

Press Release Diperingatan HBA, Kajati Sulteng Komitmen Tingkatkan Ferforma dalam Memberikan Pelayanan Hukum

PALU – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah melakukan Press Release usai upacara peringatan Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke- 64 diruang podcast lantai 2 kantor Kejati Sulteng.

Dihadapan belasan wartawan, Kajati Sulteng Dr. Bambang Hariyanto yang didampingi Wakajati Yudi Triadi, SH, MH, memaparkan capaian kinerja Kejati Sulteng selama Januari hingga Juli 2024.

Ekspos capaian kinerja masing masing bidang ini, disampakan oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Tengah Yudi Triadi, SH, MH dan para Asisten Kejati Sulteng.

“Capaian kinerja Kejati Sulteng ini merupakan bagian dari kerja para Jaksa yang didukung oleh pemangku kepentingan termasuk oleh media massa,” kata Kajati.

“Melalui momentum peringatan HBA ke- 64 kali ini, Kejati Sulteng terus berkomitmen meningkatkan performa untuk memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat serta penegakan hukum yang professional,” tambah Kajati.

Wakajati Yudi Triadi mengungkapkan, data capaian bidang pidana umum meliputi penyelesaian perkara melalui keadilan restorative justice dengan perkara yang diusulkan sejumlah 43 perkara, disetujui sebanyak 35 perkara dengan presentase mencapai 81,40% “

“Sementara penyelesaian perkara tindak pidana umum pada tahapan SPDP yang diangani mencapai 144 perkara yang diselesaikan 118 perkara dengan presentase 81,94%, sedangkan pada Tahap 1 ditangani sebanyak 98 perkara yang diselesaikan 58 perkara dengan presentase 59,18% ,” sebutnya.

Beberapa kegiatan pada tindak pidana umum yang telah dilaksanan antara lain, Supervisi bidang pidum, Evaluasi bidang pidum, Rakor bidang tindak pidana umum dengan Kasi Pidum dan Kacabjari se Sulawesi Tengah, Rapat evaluasi penanganan perkara RJ serta evaluasi kepatuhan penginputan data CMS dan EIS.

“Salah satu inovasi yang merujuk pada penegakan hukum yang berkeadilan dan bermanfaat yakni Penerapan Keadilan Restoratif. Pendekatan humanis ini juga merujuk kepada professional serta nilai kemanusiaan seorang jaksa, mewujudkan hukum yang berkeadilan, bermanfaat serta biaya murah, memulihkan keadaan semula  dan mendapat respon masyarakat,” pungkas Kajati Bambang.

Turut hadir mendampingi Kajati dan Wakajati antara lain; Asisten Pidana Umum (Aspidum) Fitrah, SH, MH, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Andi Panca SatriaSH, MH, Asisten Intelejen (As Intel) Ardi Hariyanto, SH, MH, Asisten Perdata Umum, para Koordinator dan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Laode Abdul Sofyan. (Joem)

banner 728x250