banner 728x250
News  

Manunggal Petani Bersama TNI Tingkatkan Produktivitas KPN Talaga

PALU – Program Manunggal Petani dan TNI diharapkan dapat meningkatkan produktivitss dan kualitas petani di KPN Desa Talaga.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur H.Rusdy Mastura didampingi Tenaga Ahli Gubernur M.Ridha Saleh, usai meninjau UPTD Pembibitan dan Ternak di Desa Sidera, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sabtu (20/4/2024).

Program ini, kata gubernur, akan segera dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bersama Korem 132/Tdl di Kawasan Pangan Nasional (KPN) Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.

Saat ini ada sekita 100 personel TNI terdiri dari 20 koramil yang telah ditugaskan untuk membantu petani dalam menata dan membersihkan kembali lahan paska panen perdana di blok 1.

“Kami baru saja selesai membentuk kelompok tani yang akan memanfaatkan lahan seluas 100 ha termasuk skema dan komuditas yang akan ditanam pasca panen perdana di blok 1,” bebernya.

“Alhamdulillah semua sudah rampung, jadi untuk 100 ha awal ini akan dimanfaat dengan skema 1 kelompok terdiri dari 40 orang dan mengelola 10 ha didampingi TNI dan fasilitator atau penyuluh pertanian dg komoditi tertentu yang sudah diprogramkan seperti jagung, cabai, tomat, kacang tanah, semangka bahkan ada pepaya,”tambahnya.

Untuk membantu mempercepat hal di atas, Ia pun berencana kerja sama dengan salah satu universitas yg ada di sulteng melalui merdeka belajar, jadi mahasiswa akan di merdekakan belajar di KPN, namun tidak saja satu jurusan tertentu seperti pertanian dan agrobisnis rapi juga jurusan sosiologi dan ekonomi pembanguban.

Setelah diresmikan wapres, hingga saat ini luas lahan yang terbuka di Kawasan Pangan Nusantara seluas kurang lebih 100 ha, pemberdihan lahan ini atas lerja sama pemda dan TNI dakam hal ini Koren 132 Tadulako adapun komuditi yang di tanam terdiri dari jagung, ubi kayu, kacang tanah, pisang, cabai dan sorgum.

Memang hasilnya masih perlu di genjot terus, untuk panen jagung ini saat kami kunjungi baru dapat 4 ton per Ha, namun sejauh ini pertumbuhanya baik, sekarang ini yg perlu segera di pasang yaitu pipa air yg akan masuk ke blok serta jalan blok. (*Joem)

error: Content is protected !!
banner 728x250