banner 728x250

Kepala BNN RI Bertemu ART Columbia, Berbagi Pengalaman Penanganan Tanaman Ilegal

KOLOMBIA – Dalam lawatan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) ke Kolombia, Komjen Pol Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, melakukan pertemuan bilateral dengan Raul Delgado Guerrero, Direktur Agencia de Renovacion del Territorio (ART), beserta jajaran, pada Senin (25/9).

ART merupakan badan pemerintah Kolombia yang memiliki tugas utama dalam mendukung program pemerintah Kolombia untuk melakukan substitusi tanaman ilegal serta mendorong _alternative development_ bagi petani-petani koka dan tanaman terlarang lainnya.

Hal ini sejalan dengan salah satu dari empat strategi BNN RI dalam perang melawan narkotika, _War on Drugs_, yaitu _Soft Power Approach_ yang dilakukan melalui program pemberdayaan alternatif sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di kawasan rawan narkotika.

Berdasarkan data ART, saat ini terdapat 234.000 hektar ladang koka dan 11.000 hektar ladang marijuana di Kolombia. ART kini tengah mendorong penyelesaian Programa Nacional de Sustitución de Cultivos de uso Ilícito (National Program of Substitution of Illicit Crops/PNIS) yang telah membantu lebih dari 1.000 keluarga petani melakukan transisi dari tanaman ilegal ke tanaman legal.

Mengakhiri pertemuan, Indonesia dan Kolumbia sepakat untuk menjajaki pembentukan LOI atau MoU sebagai basis kerja sama lebih lanjut, khususnya dalam hal pertukaran data dan informasi guna meningkatkan efektivitas program pemberdayaan alternatif di masing-masing negara.(*)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

error: Content is protected !!
banner 728x250