banner 728x250
Daerah  

Safari Ramadhan Pemprov Aceh Ke Masjid Agung Darul Fallah Kota Langsa

KOTA LANGSA – Tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang dipimpin oleh ketua rombongan Inspektur Aceh, Jamaluddin, SE, M. Si, AK, CA kunjungi masjid Agung Darul Fallah kota Langsa, pada malam ke delapan belas ramadhan, Kamis, (28/03/24).

Tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh dijamu dengan buka puasa bersama di Pendopo Walikota Langsa. Dalam kunjungan ini Tim safari pemerintah Aceh melalui Inspektur Aceh Jamaluddin, SE, M. Si, AK, CA juga menyerahkan Bantuan Dana kepada BKM Mesjid Agung Darul Falah Kota Langsa yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid selaku Ketua Umum Pengurus Mesjid Agung Darul Falah Kota Langsa.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Zahrol Fajri bertindak sebagai penceramah, memberikan tausiah singkat di masjid Agung Darul Fallah, menyampaikan sejumlah permasalahan yang sedang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Aceh. Pertama, katanya, terkait angka kemiskinan di Aceh masih tinggi yang diakibatkan oleh berbagai faktor.

Diantaranya, minimnya lapangan pekerjaan dan juga kurangnya SDM generasi Aceh yang mumpuni.

“Ekonomi kita tergantung anggaran pemerintah daerah berbeda dengan provinsi lain pesat dengan industri-industri maupun perusahaan-perusahaan yang dapat menampung banyak pekerja lokal,” sebutnya.

Kedua, permasalahan di Aceh yaitu tingginya angka perceraian hal ini diketahui berdasarkan data dari mahkamah Syariah Aceh. Persolan inipun adanya karena KDRT, kurangnya pemahaman agama dan tidak dibekali SDM yang mumpuni dalam mencari nafkah yang baik bagi calon pengantin.

Ketiga, lanjut Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, penyakit sosial yaitu narkoba yang begitu massif merambah generasi Aceh serta pergaulan remaja yang kurang mendapat pengawasan dari orang.

“Untuk mengatasi persoalan – persoalan tersebut yang pertama mari kita menata kembali kurikulum pendidikan baik formal maupun informal apakah majelis ta’lim, pengajian-pengajian di masjid. Apakah kurikulum sudah dapat menjawab tantangan zaman untuk menguatkan umat,” sebutnya.

Selain itu, ia mengajak seluruh stakeholder untuk memfungsikan masjid tidak semata-mata hanya tempat ibadah tetapi juga menjadi wadah bagi umat seperti pada zaman dahulu mempelajari ilmu, ekonomi dan lain sebagainya,” ujar Zahrol Fajri.

Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang telah berkunjung ke masjid Agung Darul Fallah kota Langsa dalam rangka melaksanakan safari Ramadhan 1445 H.

“Atas nama Pemerintah kota Langsa kami merasa senang dan bangga atas kedatangan tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh di kota Langsa. Momen safari Ramadhan merupakan kegiatan silaturahmi dan mudah-mudahan kunjungan ini juga membawa berkah serta manfaat bagi masyarakat kota Langsa,” kata said Mahdum.(fr)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

error: Content is protected !!
banner 728x250